(Cara Mengenali PSU Yang Berkualitas Baik)


Meskipun sirkuit dan desain keseluruhan pasokan listrik pada produk PSU belum mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu, akan tetapi kemajuan teknologi telah membawa sedikit perubahan pada bahan dan desain yang digunakan untuk interior pemasokan arus listrik. Ini adalah perubahan yang dapat memberi pedoman bagi konsumen saat membeli sebuah produk PSU. Berikut adalah informasi beberapa hal yang harus anda ketahui tentang sebuah PSU.

a. Semakin banyak kipas semakin baik?

Fungsi kipas adalah untuk menyebarkan suhu panas yang dihasilkan oleh PSU. Selain kipas tunggal yang pada umum di perhatikan, sebuah PSU dengan desain kipas ganda atau memiliki lebih dari tiga kali lipat kipas yang ada, dapat mengkonveksi suhu yang tinggi pada ruang pusat di dalam komputer.

Secara teori efisiensi pembuangan atau pergantian akan menjadi lebih baik, akan tetapi desain casing yang bagus sebenarnya juga dapat membantu menghilangkan suhu panas yang terdapat didalam komputer. Dalam produk kipas tunggal diposisikan di bagian bawah sebuah PSU, sedangkan pada bagian belakang PSU dilengkapi dengan struktur seperti sisir madu besar yang membantu pembuangan suhu panas di dalam casing. Jumlah besar dan banyaknya sebuah kipas dapat menentukan suara kebisingan yang dihasilkan, maka dengan itulah kipas tunggal pada sebuah PSU secara bertahap akan menjadi produk utama pilihan para pembeli. Karena pada akhir yang ingin didapat bukan berapa banyaknya kipas yang dimiliki akan tetapi berapa besar hasil yang diberikan dalam menjaga suhu didalam komputer tersebut.

b. Semakin besar sirip/lengan kipas semakin baik

Saat membuka penutup PSU, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah sirip kipas pendinginnya. Meskipun konsep desain yang digunakan dalam banyak produk didasarkan pada teori bahwa semakin besar siripkipas tersebut, semakin baik dalam menjaga suhu didalamnya, teori ini tidak selalu berlaku untuk pasokan sebuah alat listrik! Dalam pasokan alat listrik, fungsi utama sirip adalah untuk mengubah energi yang hilang dalam transformasi daya dan memprosesnya menjadi sebuah suhu panas, dan kemudian melalui arah dari sirip kipas membuangan suhu panas.

Karena itu ukuran sirip kipas harus terkait dengan "efisiensi" sebuah PSU. Untuk PSU yang efisiensinya tinggi dapat secara memadai menggunakan dan mengubah daya listrik, dengan demikian menghasilkan suhu panas dalam jumlah yang relatif kecil, sehingga tidak perlu melengkapi mereka dengan sirip besar. Selain itu, konsumen yang telah mempelajari bentuk sirip kipas mungkin tahu bahwa alih-alih ukuran sirip atau yang disebut sebagai "area disipasi" sirip kipas. Penting untuk mengevaluasi efisiensi disipasi sebuah sirip kipas, karena semakin besar area disipasi, semakin besar efisiensi disipasi yang di dapatkan. Faktor kunci lainnya untuk efisiensi pembuangan suhu panas adalah apakah sirip memiliki desain potongan tunggal. Semakin besar dan sederhana bentuk sirip pada kipas akan menghasilkan efisiensi yang tinggi.

c. Power Factor Correction (PFC) membuat PSU lebih ramah lingkungan

Fungsi PFC yang Bagus harus memenuhi standar EN61000-3-2 dan IEC1000-3-2 Eropa untuk sebuah peralatan listrik, desain pasokan arus daya listrik yang dimaksudkan untuk ekspor produk ke Eropa mencakup Sirkuit PFC (Power Factor Correction) yang fungsinya mengurangi perbedaan antara arus daya listrik yang efektif (arus masukan AC) dan daya semu (konsumsi daya listrik) dengan demikian dapat meminimalkan energi yang terbuang.

Dengan cara ini arus daya listrik dapat dihemat dan bertujuan menghasilkan produk yang ramah lingkungan, sementara pada saat yang sama konsumen akan lebih menghemat penggunaan listrik mereka. Ada dua jenis sirkuit PFC, yaitu PFC aktif dan PFC pasif. PFC pasif kebanyakan memiliki choke besar (Induktor), sementara PFC aktif dilengkapi dengan chip pengontrol.

Contact Us

2021 By FSP GROUP All rights reseved.
FSP uses cookies to enhance your browsing experience, and continuously improve our website to be user-friendly. By continuing your visit on our website, you agree to our use of cookies. For more information, please refer to our Privacy Policy.